Adab Mengerjakan Shalat 'Ied dan Sunnah-sunnahnya.
1.
Mandi Dahulu
قَالَ
النَّبِيُّ ص
يَا مَعْشَرَ
اْلمُسْلِمِيْنَ
اِنَّ هذَا
[يَوُمَ
اْلجُمُعَةِ]
يَوْمٌ
جَعَلَهُ اللهُ
تَعَالىَ
عِيْدًا
فَاغْسِلُوْا.
مالك.
Bersabda
Nabi SAW : "Hai kaum muslimin, hari (Jum'ah) ini adalah satu hari yang Allah jadikan hari
raya. Karena itu hendaklah kamu mandi". [HR. Malik].
Menurut hadits itu, haru Jum'ah dipandang sebagai hari
raya dan kita disuruh mandi padanya. Dengan demikian dapat difaham, bahwa mandi
pada hari raya adalah lebih utama.
2. Berpakaian Dengan Pakaian Yang Baik, Bila Ada
رُوِيَ
اَنَّ
النَّبِيَّ ص
كَانَ
يَلْبَسُ بُرْدَ
حِبَرَةٍ فِى
كُلّ عِيْدٍ.
الشافعى.
Diriwayatkan
bahwasanya Nabi SAW biasa memakai kain buatan Yaman pada tiap-tiap hari raya.
[HR. Syafi'i dalam Nailul Authar].
3. Makan
Sebelum Berangkat
قَالَ
بُرَيْدَةَ:
كَانَ
رَسُوْلُ
اللهِ ص لاَ
يَغْدُوْ
يَوْمَ
اْلفِطْرِ
حَتَّى يَأْكُلَ
وَلاَ
يَأْكُلُ يَوْمَ
اْلاَضْحَى
حَتَّى
يَرْجِعَ.
الدارقطنى
وابن ماجه
والترمذى
Telah
berkata Buraidah : "Biasanya Rasulullah SAW tidak pergi Shalat Hari Raya
'Iedul Fithri melainkan sesudah makan. Dan pada Hari Raya 'Iedul Adha beliau
tidak makan kecuali sesudah kembali dari shalat". [HR. Daruquthni, Ibnu
Majah dan Tirmidzi dalam Nailul Authar].
4. Mengambil
Dua Jalan
قَالَ
اَبُوْ
هُرُيْرَةَ:
كَانَ
النَّبِيُّ ص
اِذَا خَرَجَ
اِلىَ
اْلعِيْدِ
يَرْجِعُ فِى
غَيْرِ
الطَّرِيْقِ
الَّذِي
خَرَجَ فِيْهِ.
احمد و مسـلم
والترمذىفى
نيل الاوطار.
Telah
berkata Abu Hurairah ; "Biasanya Nabi SAW apabila keluar untuk Shalat Hari
Raya, beliau kembali dengan mengambil jalan lain dari yang telah dilalui waktu
pergi". [HR. Ahmad, Muslim dan Tirmidzi dalam Nailul Authar].
5. Waktu dan
Tempat Takbir Hari Raya
قَالَ
الزُّهْرِيُّ:
كَانَ
النَّبِيُّ ص
يَخْرُجُ
يَوْمَ
اْلفِطْرِ
فَيُكَبّرُ
مِنْ حِيْنِ
يَخْرُجُ
مِنْ
بَيْتِهِ
حَتَّى يَأْتِيَ
اْلمُصَلَّى.
ابو بكر مرسل
فى نيل الاوطار.
Telah
berkata Zuhri : "Bahwasanya Nabi SAW keluar untuk shalat Hari Raya 'Iedul
Fithri dengan takbir mulai dari rumahnya hingga tiba di tempat shalat".
[HR. Abu Bakar, mursal dalam Nailul Authar].
قَالَ
ابْنُ عُمَرَ.
اِنَّ
النَّبِيَّ ص
كَانَ
يَرْفَعُ
صَوْتَهُ
بِالتَّكْبِيْرِ
وَالتَّهْلِيْلِ
حِيْنَ
خُرُوْجِهِ
اِلىَ اْلعِيْدِ
يَوْمَ اْلفِطْرِ
حَتَّى
يَأْتِيَ
اْلمُصَلَّى.
البيهقى
والحاكم فى
نيل الاوطار.
ضعيف موقوف.
Telah
berkata Ibnu Umar : "Bahwasanya Nabi SAW biasa bertakbir dan bertahlil
dengan suara keras ketika keluar pergi shalat Hari Raya 'Iedul Fithri hingga
tiba di tempat shalat". [HR. Baihaqi dan Hakim. Dlaif, mauquf dalam Nailul
Authar].
قَالَ
النَّبِيُّ ص
زَيّنُوْا
اَعْيَادَكُمْ
بِالتَّكْبِيْرِ.
الطبرانى
غريب فى نيل الاوطار.
Nabi SAW bersabda : "Hiasilah Hari Raya - Hari Raya
kamu dengan takbir". [HR. Thabrani. Gharib, dalam Nailul Authar].
Waktu dan Tempat Bertakbir Hari Raya Menurut Hadits yang
Shahih
قَالَتْ
اُمُّ
عَطِيَّةَ:
اَمَرَ
رَسُوْلُ اللهِ
ص اَنْ
نُخْرِجَهُنَّ
فِى
اْلفِطْرِ وَاْلاَضْحَى
اْلعَوَاتِقَ
وَاْلحُيَّضُ
وَذَوَاتِ
اْلخُدُوْرِ
فَاَمَّا
اْلحُيَّضُ
فَيَعْتَزِلْنَ
الصَّلاَةَ.
مسـلم.
Telah
berkata Ummu 'Athiyah : "Rasulullah SAW memerintahkan kepada kami untuk
membawa keluar anak-anak perempuan yang hampir baligh, perempuan-perempuan yang
haidh dan anak-anak perempuan yang masih gadis, pada Hari Raya 'Iedul Fithri
dan 'Iedul Adha. Adapun wanita-wanita yang haidh itu mereka tidak shalat".
[HSR. Muslim].
وَلِلْبُخَارِيّ
قَالَتْ
اُمُّ
عَطِيَّةَ:
كُنَّا
نُؤْمَرُ
اَنْ
نُخْرِجَ
اْلحُيَّضَ
فَيُكَبّرْنَ
بِتَكْبِيْرِهِمْ.
فى نيل الاوطار.
Dan
bagi Imam Bukhari, Ummu 'Athiyah berkata : "Kita diperintahkan supaya
membawa keluar wanita-wanita yang haidh lalu bertakbir bersama-sama dengan
orang banyak". [Dalam Nailul Authar].
Dari hadits shahih diatas dapat kita
fahami bahwa takbir Hari Raya itu dilaksanakan pada waktu tiba di tempat shalat
sampai berdirinya shalat.
6. Waktu Shalat Hari Raya
قَالَ
جُنْدَبٌ:
كَانَ
النَّبِيُّ ص
يُصَلّى
بِنَا يَوْمَ
اْلفِطْرِ
وَالشَّمْسُ
عَلَى قَيْدِ
رُمْحَيْنٍ
وَاْلاَضْحَى
عَلَى قَيْدِ
رُمْحٍ. احمد
بن حسن فى نيل
الاوطار.
Telah
berkata Jundab : "Adalah Nabi SAW shalat Hari Raya 'Iedul Fithri bersama
kami di waktu matahari tingginya sekadar dua batang tombak dan beliau shalat
Hari Raya 'Iedul Adha diwaktu matahari tingginya sekadar satu batang
tombak". [HR. Ahmad bin Hasan dalam Nailul Authar].
Keterangan :
Menurut
riwayat diatas, waktu shalat Hari Raya 'Iedul Adha itu lebih pagi daripada
waktu shalat Hari Raya 'Iedul Fithri.
7. Shalat Sebelum Khutbah
قَالَ
ابْنُ عُمَرَ
كَانَ
رَسُوْلُ
اللهِ ص وَاَبُوْ
بَكْرٍ
وَعُمَرُ
يُصَلُّوْنَ
اْلعِيْدَيْنِ
قَبْلَ اْلخُطْبَةِ.
البخارى.
Telah
berkata Ibnu Umar : "Biasanya Rasulullah SAW, Abu Bakar dan Umar shalat
dua Hari Raya sebelum khutbah". [HR. Bukhari].
Maksudnya, Rasulullah SAW dan shahabat-shahabatnya
mengerjakan shalat 'Iedul Fithri dan 'Iedul Adha sebelum khutbah.
8. Shalat Hari Raya Tanpa Adzan dan Iqomah
قَالَ
جَابِرُ بْنُ
سَمُرَةَ:
صَلَّيْتُ مَعَ
النَّبِيّ ص
الْعِيْدَ
غَبْرَ
مَرَّةٍ وَلاَ
مَرَّتَيْنِ
بِغَيْرِ
اَذَانٍ
وَلاَ اِقَامَةٍ.
مسـلم.
Telah
berkata Jabir bin Samurah : "Bukan sekali atau dua kali saya shalat Hari
Raya bersama Rasulullah SAW dengan tanpa adzan dan iqamah". [HSR. Muslim].
Maksud dari riwayat diatas menunjukkan bahwa Rasulullah
SAW shalat Hari Raya 'Iedul Fithri dan Hari Raya 'Iedul Adha tanpa adzan dan
iqamah.
9. Hari Raya Pada Hari Jum'ah
قَالَ
النَّبِيُّ ص
اِجْتَمَعَ
فِى يَوْمِكُمْ
هذَا
عِيْدَانِ.
فَمَنْ شَاءَ
اَجْزَأَهُ
مِنَ
اْلجُمُعَةِ
وَاِنَّا
مُجَمّعُوْنَ.
ابو داود وابن
ماجه.
Nabi
SAW bersabda : "Telah terhimpun pada hari ini dua hari raya (Hari Raya dan
Jum'ah). Maka barangsiapa mau, cukuplah shalat ini buat dia, tidak perlu lagi
shalat Jum'ah, tetapi kami akan dirikan lagi Jum'ah". [HR. Abu Dawud dan
Ibnu Majah].
10. Shalat dan
Khutbah di Tanah Lapang
رُوِيَ
عَنْ اَبِى
هُرَيْرَةَ:
اَنَّهُمْ اَصَابَهُمْ
مَطَرٌ فِى
يَوْمِ
عِيْدٍ فَصَلَّى
بِهِمُ
النَّبِيُّ ص
صَلاَةَ
اْلعِيْدِ
فِى
اْلمَسْجِدِ.
ابو داود.
Diriwayatkan
dari Abu Hurairah bahwasanya pada suatu Hari Raya mereka telah kehujanan, maka
Nabi SAW mengerjakan shalat Hari Raya bersama mereka di masjid. [HR. Abu
Dawud].
Hadits ini diriwayatkan oleh Abu
Dawud, menurut derajatnya hadits ini layyin (lemah).
Menurut kebiasaan memang Nabi SAW
mengerjakan shalat dan khutbah Hari Raya di tanah lapang. Nabi SAW mengerjakan itu
semata-mata tidak menunjukkan wajib. Sesuatu perbuatan bisa menunjukkan kepada
hukum wajib jika disertai dengan perintah.
Kebanyakan ulama memandang bahwa
Nabi SAW mengerjakan yang demikian itu bukan karena tidak sah dikerjakan di
masjid, tetapi karena tak cukup tempat di masjid, sebab pada waktu itu
orang-orang yang berkumpul pada Hari Raya lebih banyak dari pada hari-hari yang
lain.
Dari seluruh pembicaraan tersebut,
nyatalah bahwa shalat Hari Raya di masjid itu tidak terlarang, teristimewa jika
turun hujan atau lain-lain halangan. Oleh karena itu perkataan Abu Hurairah
tadi walaupun lemah riwayatnya tetapi sah artinya. Perlu dijelaskan bahwa
Rasulullah SAW biasa shalat di tanah lapang itu diambil dari perkataan mushalla
yang artinya sebagai berikut :
اَلْمُصَلَّى
مَوْضِعٌ
بِبَابِ
اْلمَدِيْنَةِ
الشَّرْقِيّ.
فقه السنة.
Mushalla
itu adalah suatu tempat di pintu gerbang Madinah sebelah timur. [Fiqhus
Sunnah].
اَلْمُصَلَّى
مَوْضِعٌ
بَيْنَهُ
وَبَيْنَ
اْلمَسْجِدِ
اَلْفَ
ذِرَاعٍ. فقه السنة.
Mushalla
itu tempatnya sejauh 1.000 hasta dari masjid Madinah. [Fiqhus Sunnah].
Jadi jelaslah bahwa Rasulullah SAW
jika shalat Hari Raya itu di tanah lapang.
11. Takbir Dalam Shalat Pada Dua Hari Raya
Takbir shalat pada dua Hari Raya
(Hari Raya 'Iedul Fithri dan 'Iedul Adha), dilaksanakan dengan 7 kali pada
rekaat pertama, dan 5 kali pada rekaat yangkedua sebelum membaca Al-Fatihah.
Hal demikian sesuai dengan sabda
Nabi SAW maupun perbuatan para shahabat. Diriwayatkan oleh Abu Dawud dari
'Aisyah, Sabda Nabi SAW :
اَلتَّكْبِيْرُ
فِى
اْلفِطْرِ
سَبْعٌ
فِىاْلاُوْلىَ
وَخَمْسٌ فِى
اْلاخِرَةِ
وَاْلقِرَاءَةُ
بَيْنَهُمَا
كِلْتَيْهِمَا.
ابو داود عن
عائشة.
"Takbir
pada (shalat) 'Iedul Fithri 7 kali di rekaat pertama dan 5 kali di rekaat yang
akhir (kedua) dan ada bacaan sesudah kedua-duanya itu". [HR. Abu Dawud].
Tentang atsar (perbuatan) para shahabat, diriwayatkan :
عَنْ
نَافِعٍ
مَوْلىَ
عَبْدِ اللهِ
بْنِ عَمَرَ
اَنَّهُ
قَالَ:
شَهِدْتُ
اْلاَضْحَى وَاْلفِطْرَ
مَعَ اَبِى
هُرَيْرَةَ
فَكَبَّرَ
فِى
الرَّكْعَةِ
اْلاُوْلىَ
سَبْعُ تَكْبِيْرَاتٍ
قَبْلَ
اْلقِرَاءَةِ
وَفِى
اْلاَخِرَةِ
خَمْسُ
تَكْبِيْرَاتٍ
قَبْلَ
اْلقِرَاءَةِ.
مالك.
Dari
Nafi', maula Abdullah bin Umar, bahwa dia berkata : "Aku pernah
menyaksikan 'Iedul Adha dan 'Iedul Fithri
bersama Abu Hurairah. Maka ia bertakbir di rekaat pertama 7 takbir
sebelum membaca, dan di rekaat kedua 5 takbir sebelum membaca". [HR.
Malik].
عَنْ
عَطَاءٍ
قَالَ: كَانَ
ابْنُ
عَبَّاسٍ يُكَبّرُ
فِى
اْلعِيْدَيْنِ
ثِنْتَى
عَشْرَةَ
تَكْبِيْرَةً.
سَبْعٌ فِى
اْلاَوْلىَ وَخَمْسٌ
فِى
اْلاخِرَةِ.
البيهقى.
Dari
'Atha, ia berkata : "Adalah Ibnu Abbas bertakbir di dua Hari Raya 12
takbir, yaitu 7 di rekaat pertama dan
5 di rekaat yang kedua". [HR. Baihaqi].
12. Bacaan
Takbir Hari Raya
Bacaan takbir pada Hari Raya yang
bersumber dari shahabat Umar dan Ibnu Mas'ud adalah :
الله
اكبر الله
اكبر. لا اله
الا الله
والله اكبر.
الله الكبر و
لله الحمد.
[Allaahu
Akbar, Allaahu Akbar. Laa ilaaha illaallaahu wallaahu Akbar. Allaahu Akbar wa
lillaahil-hamdu].
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Tidak ada Tuhan (yang
sebenarnya) melainkan Allah, dan Allah Maha Besar. Allah Maha Besar dan
kepunyaan Allah lah segala pujian. [Riwayat dari Umar dan Ibnu Mas'ud].
13. Ucapan Pada Hari Raya
Para shahabat Nabi SAW jika bertemu
diantara mereka pada Hari Raya, mereka mengucapkan :
تَقَبَّلَ
اللهُ مِنَّا
وَ مِنْكُمْ.
Semoga
Allah menerima amalan kami dan amalan kamu.
Jubair
bin Nufair meriwayatkan :
كَانَ
اَصْحَابُ
رَسُوْلِ
اللهِ ص اِذَا
تَلَقَّوْا
يَوْمَ
اْلعِيْدِ
يَقُوْلُ
بَعْضُهُمْ
لِبَعْضٍ.
تَقَبَّلَ
اللهُ مِنَّا
وَ مِنْكُمْ.
جبير بن نفير.
Para
shahabat Rasulullah SAW jika bertemu satu dengan yang lain pada Hari Raya
saling mengucapkan :
تقبل
الله منا و
منكم.
[Taqabbalallaahu
minnaa wa minkum]. Semoga Allah menerima amalan kami dan amalan kamu. [HR.
Jubair bin Nufair].
~ o O o ~