Qurban
berasal dari bahasa Arab :
قَرُبَ - يَقْرُبُ - قُرْبًا وَ قُرْبَانًا وَ قِرْبَانًا. المنجد
Artinya
:
"Mendekat/pendekatan".
Adapun
pengertian Qurban menurut agama yaitu, "Usaha pendekatan diri dari seorang
hamba kepada Penciptanya dengan jalan menyembelih binatang ternak dan
dilaksanakan dengan tuntunan, dalam rangka mencari
ridla-Nya".
Firman
Allah SWT :
لَنْ يَنَالَ اللهَ لُحُوْمُهَا وَلاَ دِمَآؤُهَا وَلكِنْ يَّنَالُهُ
التَّقْوى مِنْكُمْ، كَذلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبّرُوا اللهَ عَلى مَا
هَديكُمْ، وَ بَشّرِ اْلمُحْسِنِيْنَ. الحج:37
Daging-daging
unta itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridlaan) Allah dan tidak (pula)
darahnya, tetapi taqwa dari pada kamulah yang dapat
mencapainya.
Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu
mengagungkan Allah atas hidayah-Nya kepada kamu, dan berilah khabar gembira
kepada orang-orang yang berbuat baik.
[QS. Al-Hajj : 37]
2.
Hukum dan keutamaan Qurban


Menyembelih
qurban pada hari raya 'Iedul Adlha dan hari Tasyriq (tanggal 10, 11, 12 dan 13 Dzulhijjah) ini, hukumnya adalah Sunnah
Muakkadah.
Namun
bila melihat hikmat dan atsar/bekas yang dapat dicerap dari ibadah qurban ini
terhadap jiwa seseorang, maka bagi orang yang faham agama tentu tidak akan berhenti pada formal hukum begitu saja dan melewatkan
kesempatan yang demikian besar nilainya di sisi Allah SWT. Nabi SAW bersabda :
مَا عَمِلَ ابْنُ ادَمَ يَوْمَ النَّحْرِ عَمَلاً اَحَبَّ اِلَى اللهِ
مِنْ هِرَاقَةِ دَمٍ وَ اِنَّهُ لَتَأْتِى يَوْمَ اْلقِيَامَةِ بِقُرُوْنِهَا وَ
اَظْلاَفِهَا وَ اَشْعَارِهَا وَ اِنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنَ اللهِ عَزَّ وَ جَلَّ
بِمَكَانٍ قَبْلَ اَنْ يَقَعَ عَلَى اْلاَرْضِ فَطِيْبُوْا بِهَا
نَفْسًا. ابن ماجه و الترمذى، فى نيل الاوطار 5: 123
Tidak
ada amal anak Adam pada hari Nahr ('Iedul Adlha) yang paling disukai Allah
selain daripada menyembelih qurban, qurban itu akan datang kepada orang-orang
yang melakukannya pada hari qiyamat seperti semula, yaitu lengkap dengan
anggotanya, tanduk, kuku dan bulunya. Darah qurban itu lebih
dahulu jatuh ke suatu tempat yang disediakan Allah ‘Azza wa Jalla sebelum jatuh
ke atas tanah. Oleh sebab itu, berqurbanlah kalian dengan senang
hati.
[HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 5, hal.
123]
عَنْ زَيْدِ بْنِ اَرْقَمَ قَالَ: قَالَ اَصْحَابُ رَسُوْلِ اللهِ ص:
يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَا هذِهِ اْلاَضَاحِيُّ؟ قَالَ: سُنَّةُ اَبِيْكُمْ
اِبْرَاهِيْمَ. قَالُوْا: مَا لَنَا فِيْهَا يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: بِكُلّ
شَعَرَةٍ حَسَنَةٌ. ابن ماجه 2: 1045
Dari
Zaid bin Arqam, ia berkata : Para shahabat Rasulullah
SAW bertanya, "Ya Rasulullah, apakah udlhiyah itu ?". Jawab Nabi SAW, "Itulah
sunnah ayahmu, Ibrahim". Mereka bertanya, "Apa yang kita peroleh dari udlhiyah
itu, ya Rasulullah ?". Jawab beliau, "Pada tiap-tiap
helai bulunya kita peroleh satu kebaikan".
[HR. Ibnu Majah 2 : 1045].
Bahkan
orang yang mampu tetapi tidak bersedia melaksanakan ibadah qurban, dilarang
untuk mendekat/shalat bersama Nabi SAW di Mushalla beliau, sebagaimana sabdanya :
مَنْ وَجَدَ سَعَةً ِلاَنْ يُضَحّيَ فَلَمْ يُضَحّ فَلاَ يَقْرُبَنَّ
مُصَلاَّناَ. احمد و ابن ماجه عن ابى هريرة
Barangsiapa
yang mempunyai kemampuan untuk berqurban tetapi tidak mau melaksanakannya, maka
janganlah ia dekat-dekat ke tempat shalat
kami.
[HR. Ahmad dan Ibnu Majah dari Abu
Hurairah].
3.
Tata cara Qurban
a.
Waktu penyembelihan :
عَنْ اَنَسٍ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ ص يَوْمَ النَّحْرِ مَنْ كَانَ
ذَبَحَ قَبْلَ الصَّلاَةِ فَلْيُعِدْ. متفق عليه. وللبخارى. مَنْ ذَبَحَ قَبْلَ
الصَّلاَةِ فَاِنَّمَا يَذْبَحُ لِنَفْسِهِ. وَ مَنْ ذَبَحَ بَعْدَ الصَّلاَةِ
فَقَدْ تَمَّ نُسُكُهُ وَ اَصَابَ سُنَّةَ اْلمُسْلِمِيْنَ. البخارى عن البراء، فى نيل الاوطار 5: 140
Dari
Anas, ia berkata, Nabi SAW bersabda pada hari Nahr
('iedul Adlha), "Barangsiapa yang menyembelih sebelum shalat 'ied, maka
hendaklah ia mengulangi". [Muttafaq
'alaih].
Dan bagi Bukhari : "Barangsiapa menyembelih sebelum
shalat, maka sesungguhnya ia hanya menyembelih untuk dirinya sendiri (yakni
tidak dinilai sebagai ibadah qurban), dan barangsiapa menyembelih sesudah shalat
maka sempurnalah ibadah sembelihannya dan bersesuaianlah pelaksanaannya dengan
sunnah kaum muslimin". [HR. Bukhari dari Al-Baraa', dalam Nailul Authar juz
5, hal. 140]
Berdasar
riwayat dari Sulaiman Ibnu Musa dari Jubair Ibnu Muth'im bahwa Nabi SAW bersabda :
كُلُّ اَيَّامِ التَّشْرِيْقِ ذَبْحٌ. احمد، فى نيل الاوطار 5: 142
Setiap
hari Tasyriq itu adalah hari menyembelih.
[HR.Ahmad, dalam Nailul Authar juz 5, hal. 142]
Dan
riwayat lain dari Ali RA yang semakna dengan yang tersebut diatas sebagai berikut :
اَيَّامُ النَّحْرِ يَوْمُ اْلاَضْحَى وَ ثَلاَثَةُ اَيَّامٍ
بَعْدَهُ. فى نيل الاوطار 5: 142
Hari
menyembelih itu ialah Hari Raya 'Iedul Adlha dan tiga hari
sesudahnya.
[Dalam Nailul Authar juz 5, hal. 142]
Dari
hadits-hadits tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa waktu yang sah untuk
ibadah qurban adalah : "Sesudah shalat 'Ied hingga
akhir hari Tasyriq (tanggal 10, 11, 12 dan 13
Dzulhijjah)".
Adapun
waktu pelaksanaan shalat 'Iedul Adlha, sebagaimana sabda Nabi SAW :
قَالَ جُنْدَبٌ، كَانَ النَّبِيُّ ص يُصَلّى بِنَا يَوْمَ اْلفِطْرِ وَ
الشَّمْسُ عَلَى قَيْدِ رُمْحَيْنِ وَ اْلاَضْحَى عَلَى قَيْدِ رُمْحٍ. احمد بن حسن
Telah
berkata Jundab, "Adalah Nabi SAW shalat 'Iedul Fithri bersama kami, sedang
matahari tingginya kadar dua batang tombak, dan (beliau
shalat) 'Iedul Adlha (diwaktu matahari) tingginya kadar satu batang
tombak".
[HR. Ahmad bin Hasan, dalam Nailul Authar]
Inilah
waktu-waktu yang dituntunkan untuk melaksanakan ibadah qurban, sedang bila
melaksanakan pada hari itu, namun sebelum selesai shalat 'Iedul Adlha tersebut,
maka yang demikian ini dinilai sebagai sedekah biasa dan tidak dinilai sebagai
ibadah qurban.
b.
Adab dan bacaan ketika menyembelih
عَنْ اَنَسٍ قَالَ: ضَحَّى رَسُوْلُ اللهِ ص بِكَبْشَيْنِ اَمْلَحَيْنِ
اَقْرَنَيْنِ.
قَالَ: وَرَأَيْتُهُ يَذْبَحُهُمَا بِيَدِهِ وَ رَأَيْتُهُ وَاضِعًا
قَدَمَهُ عَلَى صِفَاحِهِمَا، قَالَ: وَ سَمَّى وَ كَبَّرَ. مسلم 3: 1557
Berkata
Anas, "Rasulullah SAW telah menyembelih qurban dengan dua ekor kibasy yang bagus
dan bertanduk".
Ia (Anas) berkata, "Saya melihat beliau menyembelih
keduanya dengan tangan beliau sendiri. Dan saya lihat beliau
meletakkan kaki beliau diatas lambung/batang leher binatang itu”. Ia
(Anas) berkata, "Beliau membaca Basmalah dan bertakbir
: Bismillaahi walloohu Akbar. (Dengan nama Allah, dan Allah Maha Besar)".
[HR. Muslim juz 3, hal. 1557].
عَنْ عَائِشَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص اَمَرَ بِكَبْشٍ اَقْرَنَ يَطَأُ
فِى سَوَادٍ وَ يَبْرُكُ فِى سَوَادٍ وَ يَنْظُرُ فِى سَوَادٍ. فَاُتِيَ بِهِ
لِيُضَحّيَ بِهِ، فَقَالَ لَهَا: يَا عَائِشَةُ، هَلُمّى اْلمُدْيَةَ. ثُمَّ قَالَ:
اِشْحَذِيْهَا بِحَجَرٍ. فَفَعَلَتْ. ثُمَّ اَخَذَهَا وَ اَخَذَ اْلكَبْشَ
فَاَضْجَعَهُ ثُمَّ ذَبَحَهُ. ثُمَّ قَالَ: بِاسْمِ اللهِ اَللّهُمَّ تَقَبَّلْ
مِنْ مُحَمَّدٍ وَ آلِ مُحَمَّدٍ وَ مِنْ اُمَّةِ مُحَمَّدٍ. ثُمَّ ضَحَّى
بِهِ. مسلم 3: 1557
Dari
‘Aisyah bahwasanya Rasulullah SAW menyuruh mengambilkan kambing yang bertanduk,
hitam kakinya, hitam perutnya, hitam sekeliling
matanya.
Lalu kambing itu didatangkan untuk disembelih. Maka
beliau SAW bersabda, “Hai ‘Aisyah, ambilkanlah pisau”. Beliau bersabda lagi,
“Asahlah pisau itu dengan batu”. Kemudian ‘Aisyah
melaksanakannya. Kemudian beliau mengambil pisau dan kambing tersebut,
lalu membaringkannya untuk menyembelihnya. Beliau membaca, “Bismillaahi
Alloohumma taqobbal min Muhammadin wa aali Muhammadin
wa min ummati Muhammadin (Dengan nama Allah, ya Allah, terimalah dari
Muhammad, keluarga Muhammad dan dari ummat Muhammad)”. Kemudian beliau menyembelihnya.
[HR. Muslim juz 3, hal. 1557]
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ: ضَحَّى رَسُوْلُ اللهِ ص يَوْمَ
عِيْدٍ بِكَبْشَيْنِ، فَقَالَ حِيْنَ وَجَّهَهُمَا: اِنّيْ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ
لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمٰوَاتِ وَ اْلاَرْضَ حَنِيْفًا وَّ مَآ اَنَا مِنَ
اْلمُشْرِكِيْنَ. اِنَّ صَلاَتِيْ وَ نُسُكِيْ وَ مَحْيَايَ وَ مَمَاتِيْ ِللهِ
رَبّ اْلعَالَمِيْنَ، لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَ بِذٰلِكَ اُمِرْتُ وَ اَنَا اَوَّلُ
اْلمُسْلِمِيْنَ. اَللّهُمَّ مِنْكَ وَ لَكَ عَنْ مُحَمَّدٍ وَ
اُمَّتِهِ. ابن ماجه 2: 1043 رقم 3121
Dari
Jabir bin 'Abdullah, ia berkata : Pada hari 'Iedul
Adlha Rasulullah SAW berqurban dengan dua ekor kambing, maka ketika melaksanakan
itu beliau berdoa Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fathoros samaawaati wal
ardlo haniifaw wa maa ana minal musyrikiin. Inna sholaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi robbil 'aalamiin.
Laa syariika lahu wa bidzaalika umirtu wa ana awwalul
muslimiin. Alloohumma minka wa laka 'an Muhammadin wa
ummatihi (Sesungguhnya aku menghadapkan diriku kepada Tuhan Yang menciptakan
langit dan bumi dengan cenderung kepada agama yang benar, dan aku bukanlah
termasuk orang-orang yang musyrik. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan
matiku hanyalah untuk Allah Tuhan semesta alam. Tidak ada
sekutu bagi-Nya, dan demikian itulah yang diperintah kepadaku dan aku adalah
orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah). Ya Allah, (semua ini) dari Engkau dan untuk Engkau, dari Muhammad
dan ummatnya).
[HR. Ibnu Majah, juz 2, hal. 1043, no. 3121]
فَاِذَا قَتَلْتُمْ فَاَحْسِنُوا اْلقِتْلَةَ وَ اِذَا ذَبَحْتُمْ
فَاَحْسِنُوا الذّبْحَةَ فَاِنَّ اللهَ اَوْجَبَ اْلاِحْسَانَ عَلَى كُلّ
شَيْئٍ. ابو داود
Maka
apabila kamu membunuh, berlaku ihsanlah (bunuhlah dengan cara yang sebaik-baiknya). Dan apabila kamu menyembelih,
sembelihlah dengan cara yang baik/ihsan (pula), karena
Allah mewajibkan kebaikan (ihsan) atas segala sesuatu.
[HR. Abu Dawud].
عَنْ شَدَّادِ بْنِ اَوْسٍ قَالَ: ثِنْتَانِ حَفِظْتُهُمَا مِنْ
رَسُوْلِ اللهِ ص. قَالَ: اِنَّ اللهَ كَتَبَ اْلاِحْسَانَ عَلَى كُلّ شَيْءٍ.
فَاِذَا قَتَلْتُمْ فَاَحْسِنُوا اْلقِتْلَةَ وَ اِذَا ذَبَحْتُمْ فَاَحْسِنُوا
الذَّبْحَ وَ لْيُحِدَّ اَحَدُكُمْ شَفْرَتَهُ فَلْيُرِحْ ذَبِيْحَتَهُ. مسلم 3: 1548
Dari
Syaddad bin Aus, ia berkata : Dua hal yang aku hafal
dari Rasulullah SAW, beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah mewajibkan berbuat
baik pada segala sesuatu. Maka apabila kalian membunuh, bunuhlah dengan baik.
Dan apabila kalian menyembelih, sembelihlah dengan baik, hendaklah salah seorang
diantara kalian menajamkan pisaunya, dan mudahkanlah
penyembelihannya”.
[HR. Muslim juz 3, hal. 1548]
c.
Syarat-syarat binatang qurban
1. Binatang yang diperuntukkan qurban sepanjang
tuntunan Rasulullah SAW adalah : Unta, lembu, dan
kambing. Dan kadar masing-masing berdasar dhahir hadits/riwayat :
*
1 ekor kambing untuk seorang bersama ahli rumahnya.
* 1 ekor lembu untuk 7 orang beserta ahli
rumahnya.
* 1 ekor unta untuk 7 - 10 orang dan ahli
rumahnya.
عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ قَالَ: سَأَلْتُ اَبَا اَيُّوْبَ
اْلاَنْصَارِيَّ: كَيْفَ كَانَتِ الضَّحَايَا فِيْكُمْ عَلَى عَهْدِ رَسُوْلِ اللهِ
ص؟ قَالَ: كَانَ الرَّجُلُ فِى عَهْدِ النَّبِيّ ص يُضَحّى بِالشَّاةِ عَنْهُ وَ
عَنْ اَهْلِ بَيْتِهِ. فَيَأْكُلُوْنَ وَ يُطْعِمُوْنَ حَتَّى تَبَاهَى النَّاسُ
فَصَارَ كَمَا تَرَى. ابن ماجه و الترمذى و صححه، فى نيل الاوطار 5: 136
Dari
'Atha' bin Yasar dia berkata : Saya bertanya kepada Abu
Ayyub Al-Anshari, "Bagaimanakah udlhiyah yang dilakukan di masa Rasulullah SAW
?". Jawabnya, "Seorang laki-laki di zaman Rasulullah SAW
menyembelih seekor kambing untuknya dan untuk ahli baitnya (rumah tangganya),
lalu mereka makan dagingnya itu dan memberi makan kepada orang lain, sehingga
manusia bermegah-megah dengan qurban itu sehingga menjadi seperti yang engkau
saksikan sekarang ini".
[HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi, dan ia menshahihkannya,
dalam Nailul Authar juz 5, hal. 136].
عَنْ جَابِرٍ: نَحَرْنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص عَامَ اْلحُدَيْبِيَّةِ
اْلبَدَنَةَ عَنْ سَبْعَةٍ وَ اْلبَقَرَةَ عَنْ سَبْعَةٍ. مسلم
Dari
Jabir, “Kami telah menyembelih qurban bersama Rasulullah SAW pada tahun
Hudaibiyah, seekor unta untuk 7 orang dan seekor lembu untuk 7
orang".
[HR Muslim].
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: كُنَّا مَعَ النَّبِيّ ص فِى سَفَرٍ
فَحَضَرَ اْلاَضْحَى فَذَبَحْنَا اْلبَقَرَةَ عَنْ سَبْعَةٍ وَ اْلبَعِيْرَ عَنْ
عَشْرَةٍ. الخمسة الا ابا داود
Dari
Ibnu Abbas, ia berkata, "Dulu kami pergi bersama
Rasulullah SAW, lalu tiba Hari Raya 'Iedul Adlha, maka kami menyembelih qurban
seekor lembu untuk tujuh orang dan seekor unta (ba'ir) untuk sepuluh
orang".
[HR. Khamsah, kecuali Abu Dawud].
عَنْ اَبِى رَافِعٍ رض قَالَ: ضَحَّى رَسُوْلُ اللهِ ص بِكَبْشَيْنِ
اَمْلَحَيْنِ مَوْجُوْءَيْنِ خَصِيَّيْنِ. احمد فى نيل الاوطار: 5: 135
Dari
Abu Rafi’ RA, ia berkata, “Rasulullah SAW pernah
berqurban dua ekor kambing kibasy yang bagus yang dikebiri”.
[HR. Ahmad, dalam Nailul Authar juz 5, hal. 135]
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: ضَحَّى رَسُوْلُ اللهِ ص بِكَبْشَيْنِ
سَمِيْنَيْنِ
عَظِيْمَيْنِ اَقْرَنَيْنِ مَوْجُوْءَيْنِ. احمد، فى نيل الاوطار 5: 135
Dari
‘Aisyah RA, ia berkata : Rasulullah SAW menyembelih
qurban dengan dua kambing kibasy yang gemuk, besar, bertanduk yang dikebiri.
[HR. Ahmad, dalam Nailul Authar juz 5, hal. 135]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَلَّتِ اْلاِبِلُ عَلَى عَهْدِ رَسُوْلِ
اللهِ ص فَاَمَرَهُمْ اَنْ يَنْحَرُوا اْلبَقَرَ. ابن ماجه 2: 1047، رقم 3134
Dari
Ibnu 'Abbas, ia berkata : Pernah terjadi pada jaman
Rasulullah SAW (jumlah) unta sedikit, maka beliau menyuruh para shahabat
berqurban dengan lembu.
[HR. Ibnu Majah juz 2, hal. 1047, no. 3134]
Catatan
:
Masing-masing
orang yang turut andil dalam qurban dengan unta/lembu tidak harus sama biaya yang dikeluarkannya, yang penting seekor lembu
untuk tujuh orang dan seekor unta digunakan bagi 7-10
orang.
Tentang
qurban urunan kambing yang biasa dilakukan disekolah-sekolah/kantor, sampai kini
kami masih berpendapat : Bahwa hal itu tidak dapat
dianggap sebagai ibadah qurban, melainkan tetap sebagai latihan qurban, yang
pahalanya adalah sedekah biasa.
2.
Tidak sah berqurban dengan binatang yang
:
a. Rusak matanya (buta, juling/kero) sebelah atau
kedua-duanya.
b. Terlalu kurus, tak bergajih/terlalu tua tak
bersumsum lagi atau patah tanduk/putus telinganya.
c. Sakit.
d. Pincang.
Sebagaimana
hadits di bawah ini :
عَنِ اْلبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ رض قَالَ: قَامَ فِيْنَا رَسُوْلُ اللهِ ص
فَقَالَ: اَرْبَعٌ لاَ تَجُوْزُ فِى الضَّحَايَا. اَلْعَوْرَاءُ اْلبَيّنُ
عَوَرُهَا، وَ اْلمَرِيْضَةُ اْلبَيّنُ مَرَضُهَا، وَ اْلعَرْجَاءُ اْلبَيّنُ
ضَلَعُهَا وَ اْلكَبِيْرَةُ الَّتِى لاَ تُنْقِى. الخمسة و صححه الترمذى و ابن
حبان، فى بلوغ المرام
Dari
Baraa' bin 'Azib RA, ia berkata : Nabi SAW berdiri
diantara kami dan bersabda, "Empat macam yang tidak boleh pada binatang qurban,
yaitu: 1. Buta sebelah yang nyata butanya. 2. Yang sakit nyata sakitnya, 3.
Yang pincang yang nyata pincangnya, dan 4. Yang tua yang tidak mempunyai sumsum".
[HR. Khomsah, dan disahkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Hibban, dalam Bulughul
Maram].
عَنْ عَلِيّ رض قَالَ: اَمَرَنَا رَسُوْلُ اللهِ ص اَنْ نَسْتَشْرِفَ
اْلعَيْنَ وَ اْلاُذُنَ وَ اَنْ لاَ نُضَحّيَ بِمُقَابَلَةٍ وَ لاَ مُدَابَرَةٍ وَ
لاَ شَرْقَاءَ وَ لاَ خَرْقَاءَ. الخمسة و صححه الترمذى، فى نيل الاوطار 5: 133
Dari
‘Ali RA, ia berkata : Rasulullah SAW menyuruh kepada
kami supaya memeriksa mata dan telinga, dan supaya kami tidak berqurban dengan
binatang yang telinganya sobek dari bagian muka, yang telinganya sobek dari
bagian belakang, yang telinganya sobek dari ujungnya, dan yang berlubang di
tengahnya”.
[HR. Khomsah, dan dishahihkan oleh Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 5, hal.
133]
عَنْ عَلِيّ رض قَالَ: نَهَى رَسُوْلُ اللهِ ص اَنْ يُضَحَّى بِاَعْضَبِ
اْلقَرْنِ وَ اْلاُذُنِ. الخمسة وصححه الترمذى، فى نيل الاوطار 5: 131
Dari
Ali RA, ia berkata, "Rasulullah SAW melarang berqurban
dengan binatang yang tanduknya atau telinganya hilang separo atau
lebih".
[HR. Khamsah, disahkan oleh Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 5, hal.
131].
3. Keadaan masing-masing binatang qurban itu
telah Musinnah (giginya telah berganti/powel). Dan hal ini terjadi pada :
Kambing
yang berumur 1 tahun masuk tahun ke 2, lembu yang berumur 2 tahun masuk tahun ke
3 dan unta yang berumur 5 tahun masuk tahun ke 6. Kecuali bila
terpaksa sekali, maka bolehlah berqurban dengan kambing yang jadza'ah (berumur
cukup 1 tahun). Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dari
Jabir sebagai beriktut :
عَنْ جَابِرٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص لاَ تَذْبَحُوْا اِلاَّ
مُسِنَّةً اِلاَّ اَنْ يَعْسُرَ عَلَيْكُمْ فَتَذْبَحُوْا جَذَعَةً مِنَ
الضَّأْنِ. مسلم 3: 1555
Dari
Jabir, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah
kamu menyembelih untuk qurban melainkan yang Musinnah (telah berganti gigi)
kecuali jika sukar didapati, maka boleh kamu menyembelih jadza'ah (yang berumur
1 tahun) dari kambing”.
[HR. Muslim juz 3, hal. 1555].
4.
Pembagian daging Udlhiyah
Pembagian
daging udlhiyah itu ialah sebagian untuk yang berqurban, sebagian untuk
dihadiahkan, dan sebagian diberikan kepada fakir miskin.
Ibnu Abbas ketika menerangkan sifat Nabi SAW ketika berqurban sebagai berikut :
وَ يُطْعِمُ اَهْلَ بَيْتِهِ الثُّلُثَ وَ يُطْعِمُ فُقَرَاءَ
جِيْرَانِهِ الثُّلُثَ وَ يَتَصَدَّقُ عَلَى السُّؤَالِ بِالثُّلُثِ. المغنى 3: 582
Dan
beliau (Rasulullah SAW) memberi makan ahlul baitnya sepertiga, memberi makan
orang-orang fakir tetangganya sepertiga, dan beliau mensedekahkan kepada para
peminta sepertiga.
[Al-Mughni 3 : 582].
5.
Daging Udlhiyah tidak boleh diberikan sebagai upah
Daging
udlhiyah itu tidak boleh diberikan sebagai upah kepada yang
menyembelih.
Di dalam hadits disebutkan :
عَنْ عَلِيّ بْنِ اَبِى طَالِبٍ رض قَالَ: اَمَرَنِى رَسُوْلُ اللهِ ص
اَنْ اَقُوْمَ عَلَى بُدْنِهِ وَ اَنْ اُقَسّمَ لُحُوْمَهَا وَ جُلُوْدَهَا وَ
جِلاَلهَاَ عَلَى اْلمَسَاكِيْنِ وَ لاَ اُعْطِيَ فِىْ جَزَارَتِهَا شَيْئًا
مِنْهَا. البخارى و مسلم، فى بلوغ المرام
Dari
Ali bin Abi Thalib RA, ia berkata, "Saya diperintahkan
oleh Rasulullah SAW untuk mengurus qurban-qurban dan supaya saya bagikan daging,
kulitnya dan pelananya kepada fakir miskin, dan tidak (boleh) saya memberikan
sesuatu sebagai upah dari padanya untuk orang yang menyembelih".
[HR. Bukhari dan Muslim, dalam Bulughul
Maram].
6.
Larangan menjual daging Udlhiyah
عَنْ قَتَادَةَ بْنِ النُّعْمَانِ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: لاَ
تَبِيْعُوْا لُحُوْمَ اْلهَدْيِ وَ اْلاَضَاحِىّ فَكُلُوْا وَ تَصَدَّقُوْا وَ
اسْتَمْتِعُوْا بِجُلُوْدِهَا وَ لاَ تَبِيْعُوْهَا، وَ اِنْ اُطْعِمْتُمْ مِنْ
لَحْمِهَا فَكُلُوْا اِنْ شِئْتُمْ . احمد 5: 478، رقم: 16211
Dari
Qatadah bin Nu’man, bahwasanya Nabi SAW bersabda, “Janganlah kalian menjual
daging-daging Hadyi (denda hajji) dan daging udlhiyah (qurban), makanlah dan
sedeqahkanlah dan manfaatkanlah kulitnya, dan janganlah kalian menjualnya. Dan
apabila kalian diberi dagingnya, maka makanlah jika kalian mau”.
[HR. Ahmad 5 : 478, no. 16211]