“Berapa harga kambing ini ?” tanya seorang calon pembeli.
“Dua belas dinar.” kata sang sufi.
“Tujuh dinar.”
“Tidak boleh.”
“Delapan dinar.”
“Tidak boleh.”
Ketika tawaran mencapai sembilan dinar, sang sufi terbangun dari
tidurnya. Ia membuka kelopak matanya dan mengusapnya. Tak seekor
kambingpun ia lihat. Pun tak ada calon pembeli. Cepat-cepat ia
memejamkan matanya lagi sambil berkata.
“Kalau begitu, baiklah, sembilan dinar boleh kamu ambil.”
Abu Nawas dan Kambing
Di
negeri Persia hiduplah seorang lelaki yang bernama Abdul Hamid
Al-Kharizmi, lelaki ini adalah seorang saudagar yang kaya raya di
daerahnya, tetapi sayang usia perkawinannya yang sudah mencapai lima
tahun tidak juga dikaruniai seorang anak. Pada suatu hari, setelah
shalat Ashar di Mesjid ia bernazar, “ya Allah swt. jika engkau
mengaruniai aku seorang anak maka akan kusembelih seekor kambing yang
memiliki tanduk sebesar jengkal manusia”. Setelah ia pulang dari mesjid,
istrinya yang bernama Nazariah berteriak dari jendela rumahnya:
Nazariah : “hai, hoi, cuit-cuit, suamiku tercinta, aku sayang
kepadamu, ayo kemari, cepat aku ggak sabaran lagi, kepingen ni, cepat,
aku kepengen ngomong”
Abdul heran dengan sikap istrinya seperti itu, dan langsung cepat-cepat dia masuk kerumah dengan penasaran sebesar gunung.
Abdul : h, h, h, h, h, h, nafasnya kecapaian berlari dari jalan menuju kerumahnya “ada apa istriku yang
cantik?”
Nazariah : “aku hamil kang mas”
Abdul : “kamu hamil?, cihui, hui, “
cantik?”
Nazariah : “aku hamil kang mas”
Abdul : “kamu hamil?, cihui, hui, “
Sambil meloncat-loncat kegirangan di atas tempat tidur, Plok, dia
terperosok ke dalam tempat tidurnya yang terbuat dari papan itu.
Tidak lama setelah kejadian itu istrinya melahirkan seorang anak laki-laki yang sangat cantik dan lucu. Dan diberi nama Sukawati
Pak lurah : “Anak anda kan laki-laki, kenapa diberi nama Sukawati?”
Abdul : “dikarenakan anak saya laki-lakilah makanya saya beri nama Sukawati, jika saya beri nama
Sukawan dia disangka homo.
Abdul : “Hai Malik (ajudannya) cepat kamu cari kambing yang mempunyai tanduk sebesar jengkal manusia”.
Malik : “tanduk sebesar jengkal manusia?” ia heran “mau cari dimana tuan?”
Abdul : “cari di dalam hidungmu dongol, ya cari diseluruh ke seluruh negeri ini”
Abdul : “dikarenakan anak saya laki-lakilah makanya saya beri nama Sukawati, jika saya beri nama
Sukawan dia disangka homo.
Abdul : “Hai Malik (ajudannya) cepat kamu cari kambing yang mempunyai tanduk sebesar jengkal manusia”.
Malik : “tanduk sebesar jengkal manusia?” ia heran “mau cari dimana tuan?”
Abdul : “cari di dalam hidungmu dongol, ya cari diseluruh ke seluruh negeri ini”
Beberapa hari kemudian.
Malik : “Tuan Abdul, saya sudah cari kemana-mana tetapi saya tidak menemukan kambing yang punya
tanduk sejengkal manusia”
Abdul : “Bagaimana kalau kita membuat sayembara, cepat buat pengumuman ke seluruh negeri bahwa kita
membutuhkan seekor kambing yang memiliki tanduk sejengkal manusia untuk disembelih”
tanduk sejengkal manusia”
Abdul : “Bagaimana kalau kita membuat sayembara, cepat buat pengumuman ke seluruh negeri bahwa kita
membutuhkan seekor kambing yang memiliki tanduk sejengkal manusia untuk disembelih”
Menuruti perintah tuannya, Malik segera menempelkan pengumunan di
seluruh negeri itu, dan orang-orang yang memiliki kambing yang
bertandukpun datang kerumah Abdul, seperti pengawas Pemilu, Abdul
memeriksa tanduk kambing yang dibawa tersebut.
Abdul : “hai tuan anda jangan menipu saya, kambing ini tidak memiliki tanduk sebesar jengkal manusia”
kemudian ia pergi ke kambing lain “jangan main-main tuan, ini tanduk kambing palsu”.
kemudian ia pergi ke kambing lain “jangan main-main tuan, ini tanduk kambing palsu”.
Setelah sekian lama menyeleksi tanduk kambing yang dibawa oleh
kontestan sayembara, ternyata tidak satupun yang sesuai dengan nazarnya
kepada Allah swt. Abdul hampir putus asa, tiba-tiba.
Abdul : “aha, saya teh ada ide, segera kamu ke ibu kota dan jumpai pak Abu dan katakan saya ingin
meminta tolong masalah saya.
meminta tolong masalah saya.
Malik segera menuruti perintah tuannya, dan segera menuju ibu kota dan menjumpai Pak Abu yang punya nama lengkap Abu Nawas.
Malik : “Pak Abu, begini ceritanya, cus, cues, ces. Pak Abu bisa bantu tuan saya”
Pak Abu : “katakan pada tuan kamu, bawa kambing yang punya tanduk dan bayinya tersebut besok pagi ke mesjid Fathun Qarib.
Pak Abu : “katakan pada tuan kamu, bawa kambing yang punya tanduk dan bayinya tersebut besok pagi ke mesjid Fathun Qarib.
Malik segera pulang dan memberitahukan kepada tuannya bahwa Pak Abu bisa membantu dan cus, cues, ces, sstsst,
Di esok pagi Abdul menjumpai Pak Abu dengan seekor kambing yang punya
tanduk dan anaknya yang masih bayi tersebut, beserta istrinya.
Pak Abu : “Baiklah tuan Abdul, jika nazarmua kepada Allah swt. menyembelih kambing yang punya tanduk
sebesar jengkal manusia, sekarang tunjukkan mana kambing yang kau bawa kemari, dan mana anakmu”
Abdul : “ini kambing dan anak saya Pak Abu”
sebesar jengkal manusia, sekarang tunjukkan mana kambing yang kau bawa kemari, dan mana anakmu”
Abdul : “ini kambing dan anak saya Pak Abu”
Pak Abu kemudian mengukur tanduk kembing tersebut dengan jengkal anak bayi tersebut dan Pak abu memperlihatkannya ke Abdul
Pak Abu : “sekarang kamu sudah bisa membayar nazarmu kepada Allah swt. karena sudah dapat kambing yang pas”
Abdul : “cihui, uhui, pak Abu memang hebat”, dia meloncat-loncat kegirangan di dalam mesjid setelah melakukan sujud syukur, dan tiba-tiba sleit, dia terpeleset jatuh, karena lantainya baru saja di pel oleh pengurus mesjid itu.
Abdul : “cihui, uhui, pak Abu memang hebat”, dia meloncat-loncat kegirangan di dalam mesjid setelah melakukan sujud syukur, dan tiba-tiba sleit, dia terpeleset jatuh, karena lantainya baru saja di pel oleh pengurus mesjid itu.
Kisah ashabul kahfi
Mereka adalah para pemuda yang diberi petunjuk oleh Allah Ta’ala
serta Dia mengilhami mereka keimanan, sehingga mereka mengenal Allah dan
mengingkari keyakinan kaum mereka yang menyembah berhala. Mereka
mengadakan pertemuan untuk membicarakan masalah akidah mereka disertai
dengan perasaan takut akan kekejaman dan kekerasan kaum mereka, seraya
berkata, artinya,
“Rabb kami adalah Rabb langit dan bumi, kami sekali-kali tidak
menyeru Ilah selain Dia, sesungguhnya kami kalau demikian ،K.”
(Al-Kahfi: 14), yakni jika seruan kami ditujukan kepada selain-Nya,
،§maka sungguh kami telah mengucapkan perkataan yang amat jauh dari
kebenaran.” (Al-Kahfi: 14), yakni perkataan keji, dusta dan zhalim.
Sedangkan “kaum kami ini telah menjadikan selain Dia sebagai ilah-ilah
(untuk disembah). Mengapa mereka tidak mengemukakan alasan yang terang
(tentang kepercayaan mereka). Siapakah yang lebih zhalim daripada
orang-orang yang mengada-ada kebohongan terhadap Allah.” (Al-Kahfi: 15).
Setelah mereka sepakat mengenai keyakinan tersebut dan menyadari
bahwa mereka tidak mungkin menjelaskannya kepada kaum mereka, maka
mereka memohon kepada Allah Ta’ala supaya dimudahkan urusan mereka,
artinya, “Wahai Rabb kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan
sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).”
(Al-Kahfi: 10).
Kemudian mereka berlindung ke gua, lalu Allah Subhannahu wa Ta’ala
memudahkan urusan mereka, melapangkan lubang gua serta menempatkan
pintunya di sebelah utara, sehingga tidak terkena sinar matahari; baik
ketika terbit maupun saat terbenam, dan mereka tertidur dalam gua di
bawah penjagaan serta perlindungan Allah Subhannahu wa Ta’ala selama
tiga ratus sembilan tahun. Allah Subhannahu wa Ta’ala telah melindungi
mereka dari rasa takut, karena posisi mereka (gua) berdekatan dengan
kota kaum mereka.
Allah Subhannahu wa Ta’ala senantiasa menjaga dan melindungi mereka
dalam gua tersebut, sebagaimana dijelaskan dalam firman-Nya,artinya,
“Dan kamu mengira mereka itu bangun padahal mereka tidur; dan kami
balik-balikkan mereka ke kanan dan ke kiri” (Al-Kahfi: 18), supaya bumi
tidak membusukan tubuh mereka.
Kemudian Allah Subhannahu wa Ta’ala membangunkan mereka setelah
tertidur dalam jangka waktu yang cukup lama “supaya mereka saling
bertanya diantara mereka sendiri.” (Al-Kahfi: 19). Akhirnya mereka
menemukan jawaban yang sesungguhnya, sebagaimana hal tersebut ditegaskan
oleh Allah Ta’ala di dalam firman-Nya, artinya,
“Berkatalah salah seorang di antara mereka: “Sudah berapa lamakah kamu berada (di sini).” Mereka menjawab, “Kita berada (di sini) sehari atau setengah hari.” Berkata (yang lain lagi): “Rabb kamu lebih mengetahui berapa lama kamu berada (di sini). Maka suruhlah salah seorang di antara kamu pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini.” (Al-Kahfi: 19). Allah Subhannahu wa Ta’ala menjelaskan kisah ini hingga akhir.
Tanda-Tanda Kekuasaan Allah Dan Faidah-Faidah Yang Dapat Diambil Dari Kisah Tersebut
Di dalam kisah tersebut terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah
Subhannahu wa Ta’ala dan faidah-faidah yang bermanfaat, di antaranya:
* Bahwa kisah ashhabul kahfi, meskipun sangat mengagumkan, tetapi
bukan merupakan tanda kekuasaan Allah Subhannahu wa Ta’ala yang paling
mengagumkan, karena Allah Subhannahu wa Ta’ala memiliki tanda-tanda
kekuasaan tersendiri dan kisah-kisah lain yang di dalamnya terdapat
pelajaran berharga bagi orang-orang yang berkenan merenungkannya.
* bahwa orang yang memohon perlindungan kepada Allah Subhannahu wa
Ta’ala, maka Allah akan melindungi dan menyayanginya, dan menjadikan nya
sebab-sebab untuk menunjukkan orang-orang yang sesat. Allah Subhannahu
wa Ta’ala telah melindungi ashhabul kahfi dalam tidur mereka yang cukup
lama dengan memelihara keimanan dan tubuh mereka dari gangguan serta
pembunuhan kaum mereka dan Allah Subhannahu wa Ta’ala menjadikan
bangunnya mereka dari tidur mereka sebagai tanda kesempurnaan
kekuasaan-Nya, kebaikan-Nya yang banyak dan bermacam-macam, supaya
hamba-hamba-Nya mengetahui bahwa janji Allah Subhannahu wa Ta’ala pasti
benar.
* Adalah perintah menuntut ilmu-ilmu yang bermanfaat dan
mendiskusikannya, karena Allah Ta’ala telah mengutus mereka untuk tujuan
tersebut dan mengilhami mereka untuk berdiskusi di antara mereka
seputar keyakinan mereka dan pengetahuan masyarakat mengenai keyakinan
atau perilaku mereka sehingga diperoleh bukti-bukti dan pengetahuan
bahwa janji Allah pasti benar dan sesungguhnya kiamat itu pasti terjadi
tanpa ada keraguan di dalamnya.
* Adalah berkenaan dengan etika seseorang yang merasa samar mengenai
sesuatu ilmu, maka hendaklah ia mengembalikannya kepada gurunya dan
berusaha untuk memahami dengan seksama pelajaran yang telah
diketahuinya.
* Bahwa sah mewakilkan dan mengadakan kerja sama dalam jual beli. Hal
tersebut merujuk perkataan mereka,artinya, “Maka suruhlah salah seorang
di antara kamu pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini”, kemudian
“،K maka hendaklah dia membawa makanan itu untukmu.” (Al-Kahfi: 19).
* Bahwa diperbolehkannya memakan makanan yang baik-baik dan memilih
makanan-makanan yang layak dan sesuai dengan selera seseorang selama
tidak melebihi batas-batas kewajaran. Sedang jika melebihi batas-batas
kewajaran maka hal tersebut termasuk perbuatan yang dilarang. Hal itu
didasarkan kepada perkataan salah seorang dari mereka,artinya, “،K dan
hendaklah dia lihat manakah makanan yang lebih baik, maka hendaklah dia
membawa makanan itu untukmu.” (Al-Kahfi: 19).
* Adalah berkenaan dengan anjuran supaya memelihara, melindungi serta
menjauhkan diri dari perbuatan yang dapat menimbulkan fitnah dalam
urusan agama dan harus menyembunyikan ilmu yang mendorong manusia
berbuat jahat.
* Adalah berkenaan dengan keterangan yang menjelaskan perhatian dan
kecintaan para pemuda itu kepada agama yang benar, pelarian mereka untuk
menjauhkan diri dari semua fitnah dalam urusan agama mereka dan
pengasingan diri mereka dengan meninggalkan kampung halaman serta
kebiasaan mereka untuk menempuh jalan Allah Subhannahu wa Ta’ala.
* Adalah berkenaan dengan keterangan yang menjelaskan hal-hal yang
tercakup dalam kejahatan, seperti kemadharatan dan kerusakan yang
mengundang kemurkaan Allah ƒ¹ dan kewajiban meninggalkannya, dan
meniggalkannya merupakan jalan yang harus ditempuh oleh kaum mukminin.
* Bahwa firman Allah Subhannahu wa Ta’ala,artinya, “Orang-orang yang
berkuasa atas urusan mereka berkata, “Sesungguhnya kami akan mendirikan
sebuah rumah peribadatan di atasnya.” (Al-Kahfi: 21) menunjukkan bahwa
orang-orang yang berkuasa yang dimaksud ialah para penguasa ketika
mereka dibangunkan dari tidur mereka yaitu para penguasa yang telah
beragama dengan agama yang benar, karena para penguasa itu mengagungkan
dan memuliakan mereka, sehingga para penguasa tersebut berniat membangun
sebuah rumah peribadatan di atas gua mereka.
Meski hal itu dilarang khususnya dalam syari’at agama, maka yang
dimaksud ialah menjelaskan tentang ketakutan luar biasa yang dirasakan
Ashhabul Kahfi ketika membela dan mempertahankan keimanan mereka
sehingga harus berlindung di sebuah gua dan setelah itu Allah Subhannahu
wa Ta’ala membalas perjuangan mereka dengan penghormatan dan
pengagungan dari manusia. Hal itu merupakan kebiasaan Allah Subhannahu
wa Ta’ala dalam membalas seseorang yang telah memikul penderitaan
karena-Nya serta menetapkan baginya balasan yang terpuji.
* Bahwa pembahasan yang panjang lebar dan bertele-tele dalam
masalah-masalah yang tidak penting; maka hal itu tidak perlu mendapatkan
perhatian yang serius. Hal itu merujuk firman Allah Ta’ala,artinya,
“Karena itu janganlah kamu (Muhammad) bertengkar tentang hal mereka,
kecuali pertengkaran lahir saja dan jangan kamu menanyakan tentang
mereka (pemuda-pemuda itu) kepada seorang pun di antara mereka.”
(Al-Kahfi: 22).
* Bahwa bertanya kepada seseorang yang tidak berilmu dalam masalah
yang akan dimintai pertanggungan jawab di dalamnya atau orang yang tidak
dapat dipercaya adalah terlarang. Hal itu merujuk firman Allah
Ta’ala,artinya, “،K dan jangan kamu menanyakan tentang mereka
(pemuda-pemuda itu) kepada seorang pun di antara mereka.” (Al-Kahfi:
22).